MERANCANG SISTEM E-BISNIS

Sistem dalam E-Bisnis sangat bergantung dan di pengaruhi dengan kebutuhan dan model Bisnis yang akan dilakukan. Artinya kebutuhan sistem akan berbeda antara satu model bisnis dengan model bisnis lainnya.

Perencanaan:

  1. Membeli software E-Bisnis siap pakai

Kelebihan: Lebih simple, karena biasa mass product, mudah dipelajari dan mudah diimplementasikan, support service.

Kelemahan: Susah di modifikasi, tingkat integritas dengan software lain rendah.

  1. Membuat sendiri dengan divisi IT-nya

Kelebihan: Fleksibilitas tinggi, mudah dimodifikasi, dapat dibangun sesuai kebutuhan perusahaan, memperkecil pesaing untuk memiliki software serupa.

Kekurangan: Biaya besar, harus memiliki SDM dan divisi yang mumpuni, menyita waktu, bila ada perubahan bisnis, software harus dirombak, biasanya divisi IT hanya sebagai support.

  1. Pembelian komponen atau modul dan mengintegrasikan modul-modul yang ada dan dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan

Kelebihan: Murah, diperjual belikan eceran atau retail, bisa dilakukan perubahan secara cepat, tingkat skalabilitas dapat disesuaikan, durasi implementasi yang singkat, komponen siap pakai dan mudah dipahami.

Kelemahan: Kemungkinan penurunan kinerja software, perusahaan harus memiliki blue print, perlu SDM yang bisa “ngoprek” untuk customize.

  1. Tools Alternatif, pakai modul gratisan dan bangun sendiri sistemnya!!

Kelebihan: Murah dan gratis, gampang dikustumisasi, tidak terlalu membutuhkan basic programming (kondisional), dukungan penuh dari pengembang dan komunitas.

Kekurangan: Kemungkinan kemiripan sistem antar pengguna sangat besar, banyak sponsor.

Contoh CMS Online Shop yang gratis:

  1. Prestashop
  2. Joomla+Virtuemart
  3. WordPress+(WP-Commerce dan Oocommerce)
  4. Opencart
  5. ZenCart
  6. OSCommerce
  7. Magento
  8. QuickCart, dan sebagainya

website-importance-for-business

Cara memulai:

  1. Tentukan Ide dan Produk Anda

Buat daftar apa saja yang anda sukai, sortir daftar tersebut, pilih yang paling disukai, tentukan bahasa yang akan digunakan dalam bisnis online anda, lakukan riset produk sesuai dengan topik bisnis yang telah ditentukan.

Tips : “Selalu pilih topik bisnis yang anda sukai dan membuat anda nyaman dalam menjalankannya. Jika ide yang dipilih adalah sesuatu yang anda sukai, maka fokus akan datang dengan sendirinya”.

  1. Research (Riset Pasar)

Kapan memulai?

Modal dan kemungkinan hasil yang didapat?

Siapa calon pelanggan anda?

Siapa calon pesaing anda?

Masalah yang mungkin akan dihadapi?

Cara menyelesaikan masalah?

“Hasil riset pasar akan memberitahukan kepada anda saat yang tepat untuk menjual produk atau jasa anda”.

  1. Kumpulkan Content

Buatlah konten yang asli (original) dan menarik. Buatlah konten bermanfaat dan kaya akan informasi. Jadilah diri sendiri (Be Yourself dan Kreatif. Jangan bertele-tele. Libatkan pengguna. Gunakan bahasa Manusia (tata bahasa yang baik). Update website secara berkala, Google: “kami ingin sekali mendengar tentang situs anda yang diperbarui setiap minggu”.

  1. Membeli Nama Domain

Pilih Nama yang Sesuai. Fitur-fitur yang sesuai. Simple dan Mudah di Ingat. Gunakanlah TLD yang sesuai. Hindari Pengunaan Angka dan Tanda Hubung. Jangan Menggunakan Nama Domain yang Berbau SARA.

  1. Beli atau tentukan Server Hosting

Beberapa pertimbangan sebelum membeli Hosting: Space, SO (Linux, Unix or Windows), Web Server (Apache or IIS), Engine Script (PHP, ASP, JSP, ColdFusion), Database Engine (MySQL, PostgreSQL, SQL Server, Oracle), Hosting Manager(cPanel,sPanel or Plesk), Bandwith, Lokasi Server (lokal atau luar negeri).

  1. Web Design dan Programming

Buat Logical User Flow, informasi penting bisnis anda, informasi kontak dan navigasi yang mudah, keamanan, integrasi dengan sosial media, mendukung Mobile Application, FAQ, hosting yang baik, jangan terlalu banyak fitur yang tidak perlu.

  1. Promosikan Website (Sistem) Anda

Melalui Web Forum, menggunakan media video, seperti youtube, tukar link, membuat Newsletter Feed, Rss Feed, melalui kartu nama, SEO di Google atau Search Engine lainnya (Yahoo,Bing dll), memanfaatkan situs jejaring sosial, membuat Backlink.

sumber: http://rahmadani.net/lecturer/stmik-kaputama/e-bisnis/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s